Mungkondo berasal dari bahasa jawa yang artinya "hanya berkata". Kita hanya berkata apa adanya sesuai isi hati kami..

Selamat datang kepada panitia ANT Blog Competition dan seluruh pengunjung Mungkondo.blog..

Tuesday, May 24, 2011

Globalisasi? Ambil Manfaatnya!

Di zaman ini kita semua udah pasti tau apa itu globalisasi. Yap, banyak banget hal-hal positif yang bisa kita dapetin dari pengaruh globalisasi ini. Misalnya, kita mau ngasih tau kabar ke sanak saudara kita yang berbeda pulau dengan kita. Bisa menggunakan handphone atau internet. Gak perlu lama-lama, tinggal klik tuts aja udah sampe. Bayangin kalo kita masih hidup beberapa puluh tahun lalu. Harus nulis surat dulu atau pake telegram yang otomatis memakan waktu yang lama dan juga biaya yang ga sedikit.

Pada zaman dulu, jarang sekali orang-orang menggunakan hand phone, biasanya orang yang memiliki hand phone hanyalah orang golongan menengah keatas, bahkan hanya orang-orang kaya saja yang bisa memiliki hand phone. Padahal, pada zaman itu hand phone masih memiliki layar hitam dan kuning ataupun hitam dan putih. Namun, pada zaman ini kita dapat dengan mudah menemui orang yang memiliki hand phone, bahkan hand phone tersebut memiliki fitur-fitur yang sangat canggih, dan bukan hanya memiliki layar berwarna hitam dan kuning ataupun hitam dan putih, bahkan sudah berjuta-juta warna. Selain layar yang memiliki jutaan warna, fitur-fitur hand phone pada zaman ini sudah sangat canggih, bahkan hand phone sudah bisa digunakan untuk browshing di internet menggunakan layanan wap atau bisa juga menggunakan layanan Opera mini. Tidak hanya itu, baru-baru ini muncul hand phone yang mirip dengan laptop atau note book yang biasa disebut dengan i-pad.

Oke guys, kita udah ngomongin manfaat dari globalisasi di bidang teknologi. Trus apa manfaat di bidang yang lainnya? Perkembangan budaya dan aktifitas ekonomi seiring majunya globalisasi juga banyak memberikan keuntungan buat kita. Budaya lama akan terdegradasi sesuai perkembangan zaman. Walaupun ga sedikit budaya yang memberikan dampak negatif buat anak muda. Adalagi di bidang ekonomi. Yang dulunya barter sekarang udah ada mata uang yang bisa kita gunakan. Untuk menyimpan uang pun sekarang sudah ada bank di mana-mana. Banyak sekali kemudahan-kemudahan yang kita dapatkan di bidang ekonomi ini.

Jadi, globalisasi seharusnya dimanfaatkan oleh kita, bukan sebaliknya. Sangat bijaksana sekali kalu kita menggunakan globalisasi ini sebagai batu loncatan ke depan yang akan memberikan dampak positif lebih banyak lagi yang bisa kita hadiahkan buat anak cucu kita di masa yang akan datang.

Source gambar :
http://www.dyatmika.com/wp-content/uploads/2009/01/se_xperia-x11.jpg

1 comment:

  1. Selamat telah mengikuti kompetisi blog SMA teladan.
    Semoga di waktu mendatang bisa masuk dalam 20 besar.

    ReplyDelete

Translation

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google