Mungkondo berasal dari bahasa jawa yang artinya "hanya berkata". Kita hanya berkata apa adanya sesuai isi hati kami..

Selamat datang kepada panitia ANT Blog Competition dan seluruh pengunjung Mungkondo.blog..

Monday, May 23, 2011

Alamku yang Malang Akibat Ekonomi Global

Di negara - negara industri, Era globalisasi merupakan era yang sangat penting bagi para pemilik perusahaan di negara- negara tersebut. Karena mereka semakin mudah untuk memasarkan produk - produk buatan mereka. Perusahaan - perusahaan dapat dengan sangat mudah memasarkan atau menawarkan produk - produknya lewat media massa yang beredar baik berupa media cetak ataupun elektronik. Era globalisasi sungguh memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi.

Seiring dengan laju pertumbuhan ekonomi, juga berbanding lurus dengan meningkatnya kerusakan alam yang terjadi.Semakin banyak pesanan barang yang masuk ke suatu perusahaan maka semakin banyak pula produksi yang di lakukan. Hal ini menyebabkan eksploitasi alam secara besar - besaran untuk memenuhi pesanan yang masuk. Apalagi dengan di trmuksnnys mesin - mesin produksi yang dapat di gunakan secara massal. Perusahaan akan semakin cepat melaksanakan aktivitas - aktivitas produksinya. Jika eksploitasi dilakukan vsecara besar -besaran  dan terus - menerus maka alam akan semakin cepat rusak. Tak ada lagi keindahan alam yang dapat kita wariskan ke anak cucu kita. Karena pada saatnya tak ada lagi sesuatu yang indah. Hutan sudah gundul. Air laut sudah berubah warna karena tercemar. Dan populasi hewan pun akan semakin menurun karena tak ada lagi tempat untuk hidup. Dan pada akhirnya, manusia sendiri lah yang akan menanggung akibatnya. Udara tercemar, sangat sulit mendapatkan air bersih sehingga lama - kelamaan populasi manusia akan berkurang dan punah akibat kecerobohan dan kerakusan manusia sendiri.

Oleh karena itu, marilah bersama kita jaga bumi ini untuk kelanjutan kehidupan. Agar alam kembali seimbang. Bukan nya kita tidak boleh memanfaatkan apa yang ada di bumi ini. Tapi kita harus  imbangi pemanfaatan atau eksploitasi alam dengan memperhatikan kelanjutannya. misal, Jika kita menebang pohon, pilihlah yang sudah tua. kemudian gantilah tanaman yang di tebang tadi dengan menanam yang baru. Begitu seterusnya. Kemudian jangan hanya memikirkan uang. Karena uang tak akan berguna jika di bumi ini tak ada apa - apa lagi yang dapat di beli dengan uang.

Source gambar :

No comments:

Post a Comment

Translation

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google