Mungkondo berasal dari bahasa jawa yang artinya "hanya berkata". Kita hanya berkata apa adanya sesuai isi hati kami..

Selamat datang kepada panitia ANT Blog Competition dan seluruh pengunjung Mungkondo.blog..

Sunday, May 22, 2011

Apa itu globalisasi?

Kita sering mendengar istilah globalisasi, namun apakah kita mengetahui arti dari istilah globalisasi tersebut? Mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui arti dari globalisasi. Maka dari itu, kami akan menjelaskan pengertian dari globalisasi dan sekaligus menjelaskan sejarah tersebarnya globalisasi dibawah ini.

Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu sebagai ciri individu di dunia tanpa mengenal wilayah. Sebagian orang juga mengartikan globalisasi sebagai suatu usaha negara adikuasa untuk menyebarkan budaya-budaya yang mereka anut. Sehingga orang-orang yang mengartikan globalisasi seperti itu lebih condong beranggapan miring tentang globalisasi ini. Pada dasarnya globalisasi mencakup beberapa hal seperti: 

Internasionalisasi, yaitu globalisasi diartikan sebagai usaha untuk meningkatkan hubungan internasional antar negara.
Liberalisasi, yaitu globalisasi diartikan sebagai upaya untuk menghiilangkan batas-batas antar negara.
Westernisasi, yaitu globalisasi merupakan upaya untuk menyebarkan budaya dan pola pikir dan budaya barat.

Globalisasi bermula ketika bangsa Tiongkok dan India mulai mencari barang-barang dari luar negaranya entah itu melalui jalur darat (jalur sutera) ataupun melalui jalur laut. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan para pedagang muslim yang berdagang disekitar daerah Asia dan Afrika. Para pedagang muslim tadi tidak hanya berdagang tetapi juga menyebarkan agama serta pola pikir dan budaya arab yang mereka anut. Setelah era pedagang muslim dilanjutkan dengan aktifitas bangsa barat yang mengeksplorasi rempah-rempah secara besar-besaran di wilayah Asia dan daerah lain. Pada zaman itu terjadi kolonialisme serta revolusi industri. Dengan adanya revolusi industri dan ditemukannya alat-alat elektronik dan telekomunikasi membuat globalisasi menyebar dengan sangat cepat seperti yang kita rasakan pada saat ini.

No comments:

Post a Comment

Translation

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google